Rabu, 22 Oktober 2014

Venue, Catering, Dekoration & Entertainment



Venue
Kalo pemilihan tempat untuk melangsungkan resepsi pernikahan, gua belum punya gambaran sama sekali. Tapi yg pasti gua coret resepsi di hotel soalnya ga masuk budget hehe.. coret juga restaurant karena biasanya kapasitas restaurant terbatas dan lokasi tertentu, susah parkirnya karena gabung sama org2 yg kebetulan makan di restaurant yg sama tapi beda lantai. Akhirnya gua milih untuk resepsi di gedung aja, tapi gedung mana? Gua bingung. Kalo urusan gedung, gua ga berniat nyari di pameran, pertama mereka juga belum terima dp karena jedah waktu resepsi gua masih lama dan mereka juga belum tau harga barunya, gua juga blm dapet tgl pasti kapan pesta gua digelar. Paling di pameran gua nanya harga paket, fasilitas yg didapet, dll dan skalian bandingin dgn gedung2 lainnya.

Gua pribadi sih maunya nyari gedung yg kira2 lokasinya strategis, yg gampang org datengin (misal ga punya mobil, mereka bisa naik kendaraan umum), trs gedungnya punya parkiran sendiri yg mampu menampung tamu2 yg hadir, harga paket ekonomis tapi bonusnya maksimalis hahaa.. ada ga ya?
Sebelumnya gua sih vote gedung Wisma Antara, gedung BPPT Thamrin yg lokasinya sama2 di pusat Jakarta dan dari segi harga paketnya masuk budget dan kebetulan juga gua dapet paketan WO yg ada rekanan dgn ke 2 gedung tsb, jadi gua pikir lumayan lah jd lebih ekonomis hahaha… untuk gedung BPPT thamrin nya sendiri gua uda pernah datengin ke resepsi temen gua disana, tempatnya sih gede dan uda berkarpet, muat lah dengan kapasitas 400 undangan, nah dgn jalannya waktu yg panjang, akhirnya kebetulan temen kantor ndut ada yg merit di wisma antara waktu itu. Jadi gua skalian survey sama skalian test food, ternyata ruangannya agak kecil ya walaupun juga berkarpet (gua selalu nyari gedung berkarpet biar ga nyungslep pas jalan, takut licin kalo lantai keramik ), jadi akhirnya gua coret juga nih wisma antara.

Setelah itu, gua off utk nyari2 tau ttg gedung karena percuma, setiap gua nanya masalah harga, mereka smua jawabnya masih blm keluar untuk harga akhir 2014, adanya sampe pertengahan 2014 aja. Yaudah gua berpikir utk menanyakan info gedung lagi pada pertengahan tahun 2013 biar klo uda sreg dan cocok harganya, gua bisa langsung dp.
Permasalahannya, gua kan blm dapat tgl merit ya? Sebenernya ga perlu nanya org utk hitung2 sih, yg ada hasilnya jadi galau kaya gua contohnya. Wkt itu gua iseng nanya2 tgl baik ke room yg bisa hitung tgl dan hari yg cocok utk resepsi gua dan ndut, gua sih bilangnya rencananya mau bulan 9 thn 2014, tolong hitungin tgl yg bagus di bulan September itu. Ternyata hasilnya klo ga salah hari kamis tuh, duh kan jadi galau sendiri.. kalo resepsi di hari biasa kan jadinya super rempong dan org2 juga pada masih kerja pasti banyak yg bentrok, blm lagi terkesan buru2 pulang dari kantor blm mandi, dll. Gua jadi galau tuh, dan sedikit rada nyesel. Sebenarnya kalo kita berdua uda putusin tgl berapa maunya, selama kita yakinin baik dan niatnya baik, percaya deh pasti hasilnya akan baik juga. Akhirnya ndut tlp lagi ke romonya nanya, kalo kita resepsinya hari minggu tgl 21 september 2014, walau bukan hari cemerlang, boleh ga diadakan? Romonya bilang, walaupun bukan cemerlang tapi ga bentrok ./ ga ciong hari minggu itu utk kita berdua, jadi boleh. Horee syukurlah akhirnya gua fixed menetapkan hari minggu tgl 21 september 2014 menjadi hari h kami berdua.
Sebagai pelajaran, lebih baik tidak usah nanya utk hitung tgl baik tapi susah juga sih soalnya biasanya orang tua maunya tanya2 biar afdol. Kalaupun mau nanya, sebaiknya nanyanya begini aja : “romo, kalo saya merencanakan menikah tgl xx bulan xx tahun xx dan hari xx, bentrok ga?” jadi nanyalah tgl yg telah kita pilih bukan meminta romo memilihkan tgl dan hari buat kita seperti gua dulu yg sempet bikin hati gonjang ganjing. Hehe..

Pada bulan maret 2013, kita langsung ke menara BTN utk liat tempat resepsi, karena gua blm ada gambaran sama sekali mengenai gedung itu. Begitu nyampe disana, gua di jelasin dan dikasih liat sama PIC gedung + pihak catering, gua dikasih liat ruangan resepsinya, ternyata lumayan gede juga, ruangannya bagus, tapi rekanan cateringnya uda pasti harus dynasty, karena mereka ga rekanan dgn yg lain. Sama lah dgn resepsi gedung Untar juga nempelnya sama catering dynasty. Mereka ada 2 paket, paket yg kombinasi makan piring dengan pondokan, atau hanya paket piring prasmanan tanpa pondokan, uda gitu paketnya juga lumayan lengkap lah, uda sama entertainmentnya. Kalo kita ga punya WO, mereka mau bantu untuk nge WO in acara kita nanti, untuk dekornya gua liat foto2nya dapet yg standard aja uda bagus bgt jadi ga banyak upgrade lagi.
Dan tenyata lagi nih, ci olive PIC catering dynasty ternyata masih sekampung dgn ndut, malah mamanya ndut dan mamanya ci olive itu se daerah juga rumahnya yaitu di Bangka. Jadi uda enak bgt dan nyambung ngomongnya, ci olive orgnya bae bgt dang a pelit bonus, apa yg bisa dia kasih pasti dikasih untuk kita dan kalo kita kurang property apa, dia pinjamin ke kita smuanya karena BTN punya peralatannya lengkap tuh. Dari peralatan teapai, kaki kanvas 2 pcs, meja tiffany utk photo gallery, sparkling juice, confetti, keranjang souvenir, keranjang mingle, dll smuanya dipinjemin buat kita hahaha… gua blm deal aja nih uda sreg bgt ama menara BTN, tapi tetep aja mereka bilang belum keluar harga utk September, dan kata ci olive begitu uda kluar harga, nanti langsung di info, paling beda sedikit dari harga lama katanya. Okelah dari segi lokasi, ruangan, dekor, entertainment, dan harga uda masuk budget. Gua juga uda males nyari2 gedung lain lagi, mendingan gua nunggu aja kabar dari ci olive. Eh bener aja sekitar bulan 5 dia uda bbmin gua kasih tau harga barunya, langsung aja gua suruh take utk tgl 21 september yg tentunya masih kosong donk berhubung gua org pertama yg booking di akhir2 thn 2014. Gua bayar dp nya itu akhirnya di pameran JCC, kebetulan bulan 6 mereka ada pameran, lumayan gua tar dapet kupon undian, mana tau dapet hadiah doorprise hahaha (ngarep). Lagian kata ci olive kalo deal di pameran, bonusnya lebih banyak. Jadi kemaren yg gua dapet setelah gua dp gedung BTN yaitu : gua milih paket yg kombinasi makanan dan pondokan :
  • Pramanan 300 porsi ( menu resepsi gua : nasi putih, sup mutiara, ayam goreng saus mentega, ikan saus asam manis, sambal goreng hati, bakmi goreng hakka, selada pengantin, nasi goreng special, dan pelengkap lainnya )
  • Pondokan @200 porsi 4 macam (gua milih nasi bakar, lontong cap go meh, fish n chips dan soto ayam )
  • Dekorasi standard ( uda bagus, hanya perlu upgrade sedikit utk lorong photo gallery, penerima angpao dan photobooth )
  • Dekorasi catering
  • 1 MC
  • 1 set entertainment

Bonus :
  • Initial ice carving
  • 3 buku tamu + spidol
  • 3 standing angpao di pinjamkan
  • 8 voucher free parking
  • Penggunaan 1 ruang pengantin sebelum resepsi ( ini ruangannya super besar, bisa muat nampung keluarga besar dan untuk teapai )
  • Test food utk 6 org
  • 100 cup ice cream
  • 100 porsi sup asparagus
  • Technical meeting utk pihak terkait
  • Jasa WO pada saat acara

Bonus tambahan selama pameran :
  • Cash back 3jt ( bisa utk pemotongan makanan / pondokan )
  • Sparkling juice 2 botol
  • Makan utk family 50pcs
  • Confetti 2 buah
 Mantap kan nih? Akhirnya pemilihan gedung, catering, entertainment done !!! 

sparkling juice by BTN


dessert by dinasty catering


 
aneka dessert by dinasty catering
meja family

pondokan

Dekoration
Untuk dekorasi pelaminan di menara BTN, dia ada 2 rekanan yaitu Tata dekor dan Hani dekor. Gua sih merasa familiar ya sama Tata dekor, maka gua datenginlah tata dekor ini di pameran wedding, gua sempet nanya2 klo ada rekanan dgn gedung, dekor standardnya seperti apa. Ternyata yg diunjuk dekor standardnya biasa bgt malah cenderung ga bagus menurut gua, masih pake wedding bell yg menurut gua uda rada jadul haha, kalo mau nambah ini itu ternyata nambah duitnya lumayan byk. Gua akhirnya blm memutuskan mau pake dekor mana. Akhirnya gua samperin juga hani dekor, gua liat tuh dekor standardnya kaya gimana, ternyata dekor standardnya uda lumayan bgs, ga usa byk upgrade lagi, palingan upgrade dekor lorong di bagian penerima tamu yg memang tidak ada dlm paket dan dekor photobooth (kebetulan gua dapet free photobooth dari vendor photo dan video liputan hari h) trs mbak rismah dari hani dekor juga ga pelit bonus, gua minjem ini itu ga kena charge lagi dan yg paling penting mbak rismah ini orgnya super sabar bgt, gua aja uda 3x ganti dekor krn galau mulu liat ini dan itu bagus2. Awalnya sih gua mau dekor temanya winter jadi pake warna putih, lampu tembak ungu dan biru tapi ternyata galau lg karena mikir karpet BTN kan merah, jadinya tkt nabrak padahal mbak rismah uda gambarin loh dekor gua, akhirnya gua ganti lagi tuh tema spring yg pake bunga2, dan ini pun uda sempet digambar sama mbak rismah, 2 bulan sebelum hari h, gua ganti lagi tetep tema spring hanya saja dekornya ganti karena liat hp mbak rismah yg baru dekor resepsi di BTN blm lama, kok berasa bagus ya yg ini dan masih baru pula akhirnya gua bilang ama mbak rismah mau yg seperti itu, dan gua langsung bayar aja skalian sama dekor lorong dan photoboothnya. Setelah itu gua ga mau liat2 lagi tuh soalnya takut ganti2 lagi gawat deh.. tapi overall sih hani dekor bagus banget pas hari h nya, kelar juga tepat waktu, gua sampe di gedung setelah retouch sekitar jm 4 sore, smuanya uda rapi dan jadi. Gua bahkan sempet muter2 liat dekornya yg manis dan cewe banget ini haha.. AC juga uda dinyalain jadi adem dan musicnya uda dinyalain juga. Gua puas pakai vendor mereka

photo prewed 1


photo prewed 2
 
photo gallery
 
sweet corner
 
meja penerima tamu

 
wedding gate
 
standing flower


 
pelaminan

 
photobooth
MC & Entertainment
Untuk MC dan Entertainment uda pasti pakai rekanan menara BTN. Gua sih ga banyak nuntut, asalkan acaran berlangsung lancar dan meriah aja gua uda bersyukur bgt. Tapi untunglah begitu di technical meeting antara pihak BTN dan WO gua, ternyata WO gua kenal ama MC gua nanti. Katanya MC nya masih muda dan ganteng, bagus lagi penampilannya. Syukur deh klo bener begitu. Untuk singernya, gua uda request jgn ada yg pake lagu Indonesia, mandarin apalagi dangdut. Gua maunya pure lagu barat aja biar ga campur2 gitu hehe. Trs yg paling penting lagi gua wanti2 jgn sampe ada yg nyumbang lagu, tar jadi karu2an deh. Untung aja request gua di dengerin dan di ingat sama pihak entertainment dan WO.

Nah pas hari h juga, performance MC nya beneran bagus deh, perfect menurut gua, ga ada salah2 kata dan pembawaannya menarik dan sukses membuat acara gua sempurna. Gua bersyukur bgt wedding gua ketemu byk vendor yg semuanya baik2 dan urusannya lancar2, gua sampe berkeinginan untuk pesta lagi saking suksesnya acara gua kemaren. Tapi bukan mau merit 2x ya.. Cuma mau ulang pestanya lagi hahaha
narsis bareng MC



 



7 komentar:

  1. hii salam kenal, rencana ak mw pakai menara btn. ud contact sama ci olive juga sih, boleh ak tw PL dr menara btn gk ? ohya, trs utk decor sendiri kamu nambah berapa lg ? thanks :) 

    BalasHapus
  2. hi Lydiea Fransiska Tantra, utk PL BTN tiap thn berbeda harganya karena pasti naik harganya, better lgsg contact ci Olive utk masalah harga dan bisa ketemuan skalian sama org dekornya janjian di kantor ci olive :)

    BalasHapus
  3. sis,mau tanya...kemarin dekor habis berapa ya biayanya? kebetulan mau pakai menara BTN juga buat tahun 2015...jadi cari2 info dulu harga dekor nya buat perkiraan budget dekor...thanks :)

    BalasHapus
  4. Hi alex yahya, untuk harga dekor sebaiknya didiskusikan dgn mbak rismah pihak hani decor, kasih tau aja budgetnya brp nanti mereka bisa unjukin decor yg mana yg masuk. menurut gua sih masuk kantong bgt mereka :) happy preparation

    BalasHapus
  5. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    BalasHapus
  6. Mau nikah di fresh ballroom & fresh building di Jakarta selatan dengan harga terjangkau? Cobaa deh tanya-tanya ke marketing HIS Social Security Tower / Plaza BP Jamsostek. Gedung baru, ballroom baru, karpet baru & design ballroom yg kekinian. Packagenya udah lengkap banget, dapet wedding organizernya lagi untuk on the day & dpt wedding consultantnya juga buat sharing2 masalah persiapan pernikahannya. Yuk, yg penasaran boleh chat marketingnya di 081218066818 dengan Visca. Harga? Jangan khawatir masih sangat terjangkau 

    BalasHapus
  7. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus