Senin, 20 Juni 2011

Universal Studios Singapore 19 Mei 2011

G pgn berbagi sedikit pengalaman g saat menikmati permainan di universal studio Singapore  (USS) tgl 19 mei 2011.

Sebenernya permainan yang di DUFAN lebih banyak ketimbang di USS ini, cuman kalo mo liat dari segi kenyamanan, kebersihan, ketertiban, keramah-tamahan orang2nya tentunya USS lebih unggul jauh kemana2. g beli tiket USS ini sudah 2 bulan sebelumnya pas nitip temen kantor g yg duluan kesana bulan maret, nitip beliin jadi bulan mei pas g pergi, tinggal masuk aja nunjukkin karcisnya. Tidak perlu ngantri untuk beli tiket dan USS sendiri juga membatasi jumlah penjualan tiket perhari. Jadinya untuk menghindari resiko tsb maka mendingan beli dulu aja d tiketnya. Di Indonesia juga bisa diperoleh yaitu dengan kita membeli di tour & travel. Mereka menjual kok..
Didlm USS memang rame bgt dan kelihatan sih ngantrinya panjang. Tapi ternyata setelah ngantri sebentar kurang lebih 10 menit kita sudah dapat menikmati wahana tsb karna ternyata 1 wahana terdapat banyak property yg mendukung, jadinya kita ga perlu menghabiskan byk waktu untuk menunggu. Seperti yg terjadi saat saya ngantri di dufan 1 jam baru bisa menikmati 1 permainan.

g cerita dari awal perjalanan g seharian menuju ke USS. jadi pagi2 sekali, setelah habis mandi n sarapan di apartment tempat kita menginap, sekitar jm6an kita mulai adventure kita. berhubung USS bukanya jm 10.00 maka kita putuskan untuk mengelilingi singapore dulu, kita jalan ke esplanade, gedung seperti bermata lalat

trs menuju merlion park ( naas, merlion park nya lagi di renovasi jadi ga kefoto merlion yg gede ) hanya kefoto merlion yg kecil hikzzzzz... kemudian kita berjalan lagi melewati one fullerton dan marina bay

1 hal yg tdk boleh terlupakan yaitu kemana2 membawa peta, peta singapore gampang dibaca dan tdk ribet seperti peta indonesia yg dipantengin dari ujung keujung yg ada otaknya jd pantengong..zzzz

kemudian jalan lagi sampai melewati klenteng dan national museum of singapore, berhubung wkt kita cuma sedikit dan ga efektif maka kita memanfaatkan 1 hari tsb seefektif mungkin. paginya muter singapore, siangnya ampe sore seharian di USS. fyi, tiket pesawat yg kita dapet tgl 18 mei 2011 kemaren berangkat jm 3 sore nyampe sing sekitar jm 5 lebih dan ditambah wkt mengambil bagasi dan mencari jalan ke tmpt apartment kita nginap di tanjong pagar dan menunggu si empunya mengambil kunci jd klop sehari tsb habis, cuma bs jalan sekitar china town utk dinner. sedangkan kita pulangnya pada hari ke 4 pagi2 jm 08.30 pagi, jadi alhasil lagi2 kita mesti jalan subuh dari apartment untuk menuju airport utk check in, ga sempet jalan lagi dan kita hanya bs muter2 di sekitar changi yg menjual oleh2 seperti coklat, wine, tas/sepatu charles n keith,dll. jadi waktu kita efektif di sing cuma 2 hari. oleh krn itu kita hrs memanfaatkan wkt hehe.

berdasarkan pengalaman tmn2 sebelumnya yg uda perna pergi ke USS, katanya disana susah utk makannya dan kalo ada pun mahal. jadinya kita memutuskan untuk makan dulu di sekitar foodcourt orchard road sekitar jm 10.00an lewat. jadi nyampe sana kalo lapar, kita tinggal beli cemilan yg ringan2 aja, kita segera menuju ke sentosa island utk tembus ke USS. naik mrt jurusan vivo city

sebelum naik kereta gantung dari sentosa station, terlebih dahulu kita mesti membeli tiketnya sebesar $3.

akhirnya kita nyampe juga di USS, ga lupa kita foto2 di dpnnya ada toko2 permen namanya candylicious. bgs bgt. pas kita kesana, lagi ada org yg foto prewed disana ^_^

harga tiket universal utk weekdays (senen-jumat) $66 sedangkan utk weekend (sbt-ming) $73 utk dewasa.
balik ke USS lagi,

Para karyawan yang bertugas di sana mayoritas terlihat seperti anak sekolah, dan mereka terlihat ramah dan ceria sekali. Karena saking penasarannya masa’ sih Singapur udah mulai ikut2an kaya Indonesia, memperkerjakan anak di bawah umur? ternyata memang USS sengaja ngerekrut untuk jadi karyawan2nya orang2 yang baru aja lulus high school (SMA sederajat). Tujuannya adalah karena USS mau ngasi keceriaan dalam setiap wahana permainan nya dan setiap sudut tempat di sana dan anak2 menurut mereka adalah merupakan simbol keceriaan yang dimaksud. Bahkan pada saat mereka (bagian ticketing) udah ga nerima pengunjung lagi (kurang lebih pk. 18.00), mereka semua berkumpul di pintu keluar sambil melambaikan tangan ke setiap pengunjung yang mo pulang. Tentu aja dengan senyuman, keceriaan, dan ga ketinggalan mengucapkan salam perpisahan yang bikin bibir loe ngelengkung ke atas. Ya minimal loe pasti senyum2 pas lewatin mereka.

sebelum masuk USS ada globe besar bertuliskan “UNIVERSAL UNIVERSAL” yang mengelilingi globe nya. Ditambah lagi ada nuansa asap putih yang keluar dari bawah globe jadi nambah kesan eksklusif untuk tempat ini. Oya, lupa bilang, globe nya muter terus lho, ga bengong gitu aja makan gaji buta.

Nuansa pertama yang ditemui di awal pertualangan USS adalah nuansa jalan raya yang di pinggir2nya terdapat toko2 yang berjualan salah satunya toko souvenir yang menjajakan barang2 berlogo/bertuliskan Universal Studios Singapore. Di sepanjang jalan ini ga akan kehujanan ataupun kepanasan karena di atas toko2 tersebut terdapat atap yang berwarna agak transparan.Jangan terlalu cepet lewatin jalan ini, karena ada banyak figure untuk bisa foto bareng, contohnya aja ada  Marilyn Monroe, shrek, dan tokoh2 kartun lainnya. kalo ga salah di dlm USS terdapat 7 zona yaitu yg pertama Hollywood seperti dibawah foto g,
setiap melangkahkan kaki di berbagai zona, kita akan merasakan nuansa yang berbeda.  Universal Studios Singapura dibagi menjadi 7 zona, Madagascar, Istana Far Far Away dari dunia Shrek adalah yang pertama di dunia, The Lost World tempat di mana kita bisa menemukan dunia Dinosaurus dan Waterworld, Ancient Egypt – sebuah dunia mesir kuno yang penuh mumi, Sci-Fi – sebuah kota futuristik dan dua zona terakhir mengambil tema kota yang terkenal di Amerika yaitu Hollywood dan New York. kalo rute g yg pertama yaitu g ke zona hollywood terlebih dahulu

Hollywood

Zona Hollywood berada di dekat gerbang keluar masuk ke Universal Studio. Jika pertama kali kita masuk lalu mengambil jalur sebelah kanan anda maka zona ini adalah zona yang pertama kita kunjungi. Mengadopsi bentuk-bentuk arsitektur terkenal dan tentunya kita dapat berjalan di area walk of fame di antara pohon-pohon palem, khas Hollywood. Di zona ini akan ada banyak toko merchandise dan tentunya ada atraksi yang tidak kalah menarik dengan zona lain yaitu live performance para monster Universal Studio pada acara musikal yang berjudul “rock-n-roll musical” di Pantages Hollywood Theater™.
kemudian ada madagaskar, disini kita bs berfoto2 dgn patung karakter madagaskar. jika ga bawa kamera, disana ada org yg memfoto dan lgsg bs kecetak. selembar di tebus dgn $10. jika bawa kamera sendiri, kita bs minta tolong untuk difotoin dgn gratis.
Dari film Madagascar yang menjadi hit, diproduksi oleh DreamWorks Animation film, dibuatlah area ini. Sebuah area dengan nuansa hutan tropis yang kental, dipenuhi dengan binatang-binatang yang unik dan menakjubkan seperti lemurs dan foosas. Nyanyian burung dan teriakan kera memecah keheningan hutan sewaktu menjelajahi lebih dalam lagi area hutan tropis ini, yang serunya kita akan menjelajahi area ini dengan perahu.

atraksi yg didlm zona madagaskar yaitu :
King Julien’s Beach Party-Go-Round™
Berputar-putar naik komedi putar di atas punggung tokoh-tokoh kartun Madagaskar. Inilah komedi putar yang bertemakan Madagaskar.

A CRATE ADVENTURE
Bergabunglah dengan keempat tokoh Madagaskar Alex, Marty, Melman dan Gloria pada petualangan di sepanjang pantai Madagaskar. kita akan diajak berpetualang di atas perahu untuk mengalahkan foosas di tepi kawah gunung berapi dengan bantuan penguin-penguin psycho yang cerdas.ini wahana pertama yg g naik..hehe

Zona selanjutnya g menuju ke istana Far-Far away,
Mau ketemu dengan tokoh-tokoh kartun dari film Shrek? Di sinilah tempatnya. kita bisa bertemu dengan tokoh donkey, menyaksikan petualangan Shrek dari dunia 4D, naik bianglala para peri, serta naik ke punggung sang naga kekasih donkey (roller coaster) untuk menyaksikan dunia Shrek yang sungguh menakjubkan, kita bisa melihat tokoh the Three Little Pigs, the Big Bad Wolf, Gingy hingga Pinocchio. Saksikan dunia Shrek yang sesungguhnya di sini !
Negeri Far Far Away lengkap dengan toko-toko unik yang menghiasi Jalan Romeo Drive (plesetan dari Rodeo Drive). Di zona ini, Anda akan dimanja atraksi multi dimensi dalam Shrek 4-D dan Donkey Live serta ada banyak toko Merchandise yang menawarkan berbagai miniatur, souvenir yang temanya seputar dunia Shrek.
Atraksi yang ada di zona Far Far Away™:
  • Enchanted Airways™
    Rasakan keceriaan naik Roller Coaster mengeliling dunia Far-Far Away.
  • Shrek 4D Adventure™
    Duduk di theater yang nyaman untuk menyaksikan petualangan Shrek menyelamatkan Putri Fiona. Percikan air, tiupan angin dan tempat duduk yang bisa bergerak membuat kita merasa benar-benar ikut berpetualang menyelamatkan sang Putri.
  • Magic Potion Spin™
    Permainan untuk si kecil. Masuklah ke istana Shrek di sana ada sebuah bianglala mini yang terbuat dari kayu dan di desain unik ini akan membuat membuat anak kecil lebih ceria dan segar setelah menghabiskan waktu di luar yang terik.
  • Donkey Live™
    Live show si Donkey bisa kita saksikan di theater yang berada di dalam istana Shrek.
di zona far far away ini, g main 2 wahana yaitu Enchanted Airways™  dan Shrek 4D Adventure™
setelah itu g menuju zona the lost word,

The Lost World

Dibagi menjadi 2 area: Jurassic Park dan WaterWorld, bagi kita para fans kedua film blockbuster ini, kita bisa mengalami sendiri bagaimana suasana hutan tropis di mana dinosaurus bersembunyi, melihat Pteranodons berterbangan di udara merupakan pengalaman yang sungguh mencengangkan. Lalu di WaterWorld Anda bisa menyaksikan pertunjukan menegangkan seperti di film “WaterWorld” asli, pertunjukan ini akan diramaikan dengan adegan ledakan api dan semburan air yang benar-benar asli. Sungguh sensasional.
Atraksi yang ada di zona The Lost World:
WaterWorld™
Pertunjukan yang luar biasa mencengangkan. Show yang satu ini akan menampilkan potongan cerita dari film WaterWorld, yang merupakan puncak pertempuran antara Mariner dan Kapten Botak dalam upaya menyelematkan kekasihnya Helen. Show ini akan dipenuhi dengan spesial efek dan adegan stuntman yang seru. Percikan api, kepulan asap, efek tembakan yang mengenai air hingga pesawat terbang yang masuk ke dalam arena show (seperti di foto) benar-benar membuat kita terpukau.
Canopy Flyer™
Sebuah wahana yang mengajak kita untuk berkeliling dunia Dinosaurus dari ketinggian. Naiklah ke tempat duduk tersebut lalu rasakan bagaimana serunya kita dibawa ke puncak lalu meluncur dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi sehingga permainan ini bisa dinikmati juga oleh orang-orang usia lanjut yang tidak takut ketinggian.
Dino-Soarin™
Naiklah ke punggung Pteranodon lalu terbang ke langit tinggi mengeliling dunia Dinosaurus.
Amber Rock Climb™
Cicipi petualangan panjat tebing yang tidak biasa. kita akan memanjat sebuah tebing yang penuh dengan batu perhiasan yang tak ternilai harganya karena di dalamnya ada fosil-fosil insekta dari jaman dinosaurus
Jurasic Park Rapids Adventure™
Mari berpetualang menyusuri sungai yang memiliki arus yang deras sehingga kapal kita akan sering menghantam sisi sungai, melompati air terjun kecil dan bersiaplah untuk basah. Siapkan baju ganti jika kita ingin masuk ke wahana ini, jika kita sedang beruntung maka bisa saja kita keluar dalam keadaan kering.

di zona ini g ikut 1 wahana yaitu water world,
Ini mirip banget sama film Water World. Cuma bedanya sebelum acara dimulai, para pemain dari Water World ini berinteraksi dulu sama penontonnya, salah satu interaksinya mereka nyirem penontonnya pake air, ngajak penonton adu yiel2 (teriak2).  sebenernya g masi mau nyoba wahana Jurasic Park Rapids Adventure™,  tapi berhubung lg perbaikan jadinya batal

Zona selanjutnya yaitu :

Ancient Egypt

Jelajahi negeri Mesir kuno yang seru. kita bisa melihat piramid kuno dan obelisk berdiri dengan gagahnya. kita akan merasa seperti dibawa ke negeri Mesir dengan seting tahun 1930, jaman keemasan negeri Mesir. Menjelajah negeri Mesir di era saat kuburan Pharaohs ditemukan di mana kutukannyapun mulai menebar maut, sungguh menegangkan dan mencengangkan !!!
Atraksi yang ada di zona Ancient Egypt:
Revenge of the Mummy™
Mengendarai Roller Coaster dengan kecepatan tinggi, mundur secara tiba-tiba dengan kecepatan tinggi lalu akan ada juga turunan yang tajam yang memacu adrenalin. Kelilingi dunia kuno Mesir yang gelap dan misterius dengan Roller Coaster berkecepatan tinggi. (Tidak disarankan untuk wanita hamil dan orang tua).
Treasure Hunter™
berkeliling dengan santai untuk mencari harta karun dengan mengendarai mobil Jeep tua ala Indiana Jones.

nah wahana yg saya main yaitu  revenge of the mummy.
permainan ini menggunakan kereta juga dalam wahananya. Jadi disediain locker gratis bagi yang bawa barang. Jangan lupa, untuk 30 menit pertama doank. Di awal pertualangan Revenge of the Mummy kereta berjalan pelan dan penumpang diajak untuk menyaksikan suasana mesir lebih tepatnya mungkin suasana dalam piramida kali ya. Dan buat yang pernah nonton film The Mummy atau Mummy Return yang diperanin sama Brendan Fraser, nah seluruh dari wahana ini adalah membuat para penumpang ikut merasakan seperti yang di film. Walaupun ga mirip2 amat sih tapi bener2 bikin gw shock, karena di awal yang gw kira santai2 aja kaya istana boneka nya Dufan, eh… tiba2 jadi tegang, shock dan loe dibikin kaya mo lari dari tempat duduk loe karena ada yang ngejer loe. Seru banget dan bener2 beda dari yang gw bayangin. Di tambah lagi kereta bakalan ngelewatin beberapa trek turunan curam dalam ruangan gelap, jadi loe ga bakalan tau apa yang bakalan terjadi di depan. Imajinasi loe bakalan di obok2 di sini, terutama mereka2 yang kebanyakan nonton film setan, pasti udah bakalan adu bacot deh di sini alias teriak2.

mengantri wahana Revenge of the Mummy
Ada 1 wahana tepat di sebrang Revenge of the Mummy, namanya Treasure Hunter. Di wahana ini disediain 1 mobil untuk 4 penumpang untuk sekali angkut. Pada saat wahana ini berlangsung penumpang harus pake seat belt yang memberikan kesan wahana ini berbahaya. Tp ternyata Cuma patung2 binatang dari kuda nil, macam, cobra. Terus ada kumbang2 item yang ada di film The Mummy tapi ini cuma nempel di balok kayu yang diputer2. Ngelewatin jembatan yang bunyinya kaya reot dibuat2, dan pemandangan kolam2 mirip kolam ikan yang udah berlumut. intinya ini sih Cuma buat ngabisin waktu aja. Gw ragu anak2 pun terhibur sm wahana ini. Waktu memutuskan untuk masuk antrian, jujur aja gw ga tau ini wahana apa. tapi karena baru pertama kali dateng kan pengennya semua wahana di coba. Saran gw, mending ga usah deh, wasting time aja

Zona selanjutnya yaitu :

Sci-Fi City

Sebuah zona yang didesain menjadi sebuah kota yang futuristik. Pernah melihat film-film tentang masa depan di mana kota-kota sudah berubah menjadi lautan beton dan besi.
Ada 3 wahana di area ini. Ketiga wahana tersebut adalah
  • Battlestar Galactica™ Cyclon & Battlestar Galactica™ Human
    Roller Coaster terdahsyat dengan 2 jalur yang berbeda. Roller Coaster Cyclon dan Human memiliki jalur yang saling bersebrangan satu sama lain sehingga Roller Coaster bisa berhadapan langsung dengan Roller Coaster group lainnya, hal ini membuat suatu pengalaman yang berbeda dalam menikmati permainan Roller Coaster. Benar-benar seperti pertempuran antara manusia dan robot.

Accelerator
Duduk di kursi futuristik lalu anda akan diputar-putar hingga menembus ruang waktu. Bagi kita yang mudah pusing dan mual tidak disarankan untuk mencicipi atraksi ini.

Kalo liat di iklan permainan yang paling ditonjolkan kayanya Galatica. Kalo di Dufan permainan ini mirip2 lah sama Halilintar, cuma bedanya di sini keretanya ada 2 macam: Human dan Cylon. Durasi permainan ini Cuma 29 detik, dan kalo loe kebetulan bawa barang/tas atau sejenisnya yang mengganggu loe untuk naik kereta mendingan loe titip ke locker yang ada di sebelah station Human. Tenang aja, di sini ga kaya di Indonesia yang dikit2 bayar. Lockernya gratis, boo, tapi cuma untuk 30 menit pertama aja. Untuk selanjutnya loe harus baya SGD 1 / 20 menit. Permainannya Cuma 29 detik lho, jadi walaupun pake ngantri segala kayanya ga bakalan sampe 30 menit deh. Jadi itung2 tetep aja gratis.
Btw, soal Galatica ini yang loe perlu tau adalah rute rel dari 2 macam keretanya beda2 dan tingkat kengeriannya pun beda. Contoh Cylon, posisi duduk ada di bawah rel alias kereta bergantung di rel, dan kereta yang berwarna biru ini bakalan muter 360 derajat sebanyak 3 kali (kalo ga salah). Human, warna keretanya merah dan posisi duduk loe ada di atas rel, dan kereta ini ga muter 360 derajat, tapi ada 3 titik turunan curam yang bakalan dilewatin. So, loe lebih takut yang mana? Saran gw sih, cobain dua2nya, karena tingkat keamanan nya tinggi kok, jadi di sana loe bener2 bisa menikmati bukannya malah phobia. kalo di zona ini sih, g ga main.. cuma nungguin ko hendri sama hendri main aja. kita cewe2 ga berani naik soalnya klo naik pasti pas turunnya jadi mual, pusink dan muntah hahaha.

Zona terakhir yaitu :

New York

Zona berikutnya adalah di mana kita akan merasa seperti berada di kota new york dengan menyusuri jalan di mana ada banyak deretan toko di sisi kanan dan kiri yang didesain persis seperti di jalan kota New York. Lalu temukan juga artis legendaris di sepanjang jalan ini. Anda bisa berfoto ria dengan tokoh-tokoh idola anda yang datang dari jaman dulu seperti Charlie Chaplin dan Marilyn Monroe.
Atraksi yang bisa kita temukan di sini adalah
  • Lights, Camera, Action! di mana kita bisa menyaksikan bagaimana dahsyatnya spesial efek mulai dari sebuah area yang kosong lalu diubah setingnya menjadi suatu spot di New York dan kondisinya sedang dilanda badai besar. Spesial efek yang luar biasa bisa membuat kita seperti benar-benar berada di tengah amukan badai, angin besar lalu ada kapal-kapal yang terbakar hingga akhirnya ada sebuah kapal feri besar tiba-tiba masuk dan menghantam dek di mana kita berdiri dan kita akan spontan meloncat… takut dan terkejut.
  • Stage 28 yang juga masih seputar tema pembuatan film di mana ada sound stage dengan teknologi yang terkini yang biasa dipakai untuk memproduksi film. di zona ini g ikut yg  lights, camera, action !! bener2 keren bgt....cckckkckcck

Kalo loe kelaperan di sini, sori2 aja nih, pren… di sini semua nya mahal. Maksud gw harga nya lebih tinggi ketimbang loe beli di luar USS, apalagi kalo loe kurs’in pake rupiah, wah bisa2 abis makan loe malah step di tempat. Oya, kalo loe bawa botol air minum sendiri menurut gw itu sangat membantu loe untuk ga jadi gembel pas keluar USS. Dan gw tau 1 food court di sana yang dari hasil survey beberapa temen gw yang ikut pergi bareng ke sono, cuma yang di depan Jurassic Park aja yang paling murah tapi sori banget nih, kayanya ga halal, soalnya gw ngerasa emang ada rasa2 B2 nya. Tapi kalo loe emang nyari yang halal, kayanya yang di sebelah Madagaskar itu tempatnya. Karena berdasarkan cerita dari temen2 yang berangkat bareng dan makan di sana, rasa dari masakannya kurang gurih dan sedap. Oya, balik lagi ke food court yang di depan Jurassic Park. Intinya kalo loe mo nyari tempetnya, pas di depan food court nya tuh ada 2 dinosaurus ijo lagi jagain telor. Kalo loe udah masuk situ pilih kantin yang tengah (karena ada 3 kantin) dan loe pesen nasi Hanamese. Dengan bayar SGD 7.80 loe dapet 1 piring nasi beserta ayam nya yang bejibun, 2 buah pangsit yang dimasak pake bumbu, 4 batang sayur kailan (di piring terpisah, karena banyak), & desert sepotong kue. Btw, kuenya enak nih, legit dan ga kaya bolu abal2. Roman2 nya sih itu tart deh bukan bolu. tips : ke USS jgn lupa bawa botol minum kosong, disana disediakan keran air yg gratis bebas kita minum, jgn kawatir, airnya bersih dan tdk membuat kita mencret

ga berasa uda seharian kita berada di USS, badan uda lengket2 dan lepek akibat panasnya matahari.. kaki juga berasa mau patah jalan seharian krn kita ga makan sama sekali. terakhir makan ya sebelum ke USS tsb, itupun entah makan siang atau makan pagi namanya. setelah 3 hari di sing, ternyata turun 2kg.. gmn klo sebulan disana? cling cling,... bisa turun brp puluh kg ya... hahaha...
pas balik kita lewatin vivo city lagi, disana ada seperti pantai buatan yg mirip tepi laut. disana kita rendem kaki bentar trs makan malam di food court....  nah, untuk cerita perjalanan singnya, g update di blog berikutnya ya...

NB : trims buat peter krn g ambil sedikit pengalamannya untuk digabung di blog ini supaya menjadi 1 kesatuan yg lebih lengkap... dan bs dijadikan info buat tmn2 yg jika ingin main ke USS.