Selasa, 21 Juni 2011

Singapore Trip 18 Mei 2011

Kemaren g uda cerita sedikit ttg perjalanan tgl 19 mei 2011. nah, sekarang g sambung utk cerita dari awal yaitu dari tgl 18 mei 2011, kemudian disambung tgl 20 dan 21 mei 2011.
finally, hari yg ditunggu2 telah tiba!!! tiket pesawat yg telah di booking setahun yang lalu untung ga kelupaan berangkatnya hehe ( dpt hrg promo, kurang lebih 1 org 289rb pp )

jadi pas hari h, kita berangkat jm 14.15, berangkat dari rumah jm 12.00 siang. pake acara salah terminal. kita kirain khusus airasia di terminal 3, eh taunya terminal 3 khusus airasia penerbangan domestik dan penerbangan naik haji. akhirnya kita balik lagi ke terminal 2 untuk penerbangan internasional. untung kita uda check in duluan melalui web. jadinya uda tinggal nunjukin boarding pass aja. g blm kasi tau neh personil yg ikut jalan2 kali ini. yaitu : g sendiri, mbak woro (anak finance di kantor g), hendri (tmn kantor g se-team), jane (tmn kampus dulu) dan ko hendri (cowo jane) jadi kita ber 5.
setelah masuk ke airport soeta, kita menunggu ko hendri masuk bagasi. untuk penerbangan internasional mesti beli bagasi krn kita ga boleh bawa masuk cairan lebih dari 100ml per org ke dlm kabin pesawat. jd drpd ribet diperiksa dan di sita,mendingan kita rame2 beli 1 bagasi pp 15kg trs pada nebeng smua cairannya utk masuk 1 tas ke dlm bagasi seperti  kosmetik, perlengkapan mandi,dll.
nah ketika kita ingin bepergian ke luar negri, kita mesti ngisi form keberangkatan dan kedatangan di indonesia (di bandara soekarno hatta )  serta form kedatangan dan keberangkatan di singapore ( changi airport ). tujuan form tsb, pas kita ke kantor imigrasi dan menyerahkan paspor di indonesia, petugas imigrasi akan merobek separoh form tsb sebagai tanda kita berangkat. dan ketika kita balik dari sana ke indonesia, ketika check out dari bandara soeta, form separohnya lagi diambil oleh petugasnya sebagai tanda kita telah balik lagi ke indonesia. jadi form tsb ga boleh hilang ya, begini contoh form dari indonesia :
form keberangkatan dan kedatangan di indonesia

setelah selesai isi form, kini saat nya kita ngantri di bagian imigrasi tapi berdirinya dibagian antrian indonesian yg artinya kita sbg warga negara indonesia. dan ada 1 lagi antrian yg khusus buat warga negara asing.
surat2 yg harus disiapkan saat antri di imigrasi yaitu, paspor, boarding pass saat check in tiket/bukti pembayaran airport tax, form keberangkatan dan kedatangan tadi.
antri imigrasi
boarding pass
kita ngepas banget loh masuk ke pesawatnya soalnya antriannya lama krn panjang bgt. prediksi kita bs ada waktu menunggu ternyata tdk sama sekali. malah pesawatnya uda siap nunggu kita, kita sampe lari2 trs naik bus yg disediakan di bandara untuk di anter naik pesawat.
ternyata pesawatnya ontime juga. akhirnya kita sampe tepat pada waktunya, setelah kita ambil bagasi, kita mulai nyari tau jalan ke apartment tmpt kita nginap. berikut foto2 di changi airport
changi airport
oya, hampir lupa, pas nyampe di changi kita harus isi form lagi seperti yg g ceritain td diatas. kurang lebih sama lah penjelasannya, ini foto form kedatangan dan keberangkatan di singapore.
bagian depan
bagian belakang
 dari pada naik taxi mendingan kita naik mrt. tapi sebelumnya kita mesti naik sky train..kita mesti punya kartu mrt yg uda nge-link. tinggal top up kartu mrt nya dan scan tar bakal dipotong sendiri sesuai jarak tempuh kita. berhubung saya minjem kartu saudara 3 biji, jadi saya,hendri dan woro uda ga perlu beli lagi kartunya. si jane n ko hendri mesti beli. hrgnya klo ga salah $12, isi yg bisa di pake $7. berati ketahan $5 utk pembelian kartu baru. kita mesti top up. jadi awalnya kita top up $10 dan ternyata cukup untuk 4 hari kita jalan2 full day via mrt hehehe. begini kira2 tampang kartu mrt, dan cara top up nya
kartu mrt

cek saldo tiket dan top up
top up
canggih dan praktis bukan? secara ga sadar, telah menghemat beberapa gaji staff yg mengisi kartu ini karna di smua stasiun mrt, terdapat mesin top up. setelah kita isi, baru d kita bisa naik sky train yg disambung naik mrt menuju tanjong pagar,apartment tempat kita nginap di international plaza
sky train
di dlm skytrain
stasiun mrt
didlm mrt
tanjong pagar

Setelah turun dari sky train, kita nyambung naik mrt. Kita bisa baca peta mrt yg terdapat di stasiunnya. Berhubung tanjong pagar berada di line hijau, maka kita mesti kearah jurusan joo koon baru d nyambung pindah mrt ke jurusan tanjong pagar.
Didlm mrt dan skytrain terlihat rapi dan bersih, tdk ada desak2an seperti di busway yg kaya ikan sarden. Ini membuat kita nyaman karna ruangannya ber ac dingin dan spacenya agak plong membuat kita bs lebih bernafas “lega”. Trs tempat duduknya ga rebutan. Dan cepet sekali nyampenya (dalam hitungan detik) karna mrt ini kereta bawah tanah jadi ga ada istilah macet dan warga di Negara Singapore sangat menghargai waktu sehingga tdk ada istilah ngaret seperti di ibukota tercinta ini. Hmm cerita ttg Singapore sedikit ya, warga negaranya bekerja dan terlihat penuh di mrt sekitar pukul 09.00 pagi. Dlm hati saya, kok siang amat ya baru ke kantor? Ternyata bukan jam kerja kantornya yg siang, tetapi karna mereka naik mrt jadi mereka bs nyampe kantor tepat pada waktunya dan tdk pake lama. Trs di sini juga aman banget terutama buat wanita yg pulang malem. Ga usa kawatir naik mrt. Saya sendiri jadi betah banget disini. trs cara jalan mereka smua ga tua, ga muda smuanya cepet banget kaya robot... pokoknya kayanya speednya bisa 10 deh klo diibaratkan pake mesin treadmill walaupun mereka jalan pake high heel juga ckckck
Akhirnya nyampe juga di tanjong pagar, kita masuk ke plaza gitu seperti semacam mall, trs naik lift kita nginap di lantai 47. sampe sana, kita nunggu si empunya nganter kunci. Dan beginilah tampang apartment tmpt kita nginap
apartment

toilet dalam kamar
bathub
meja makan depan kamar
didapur kita disediakan kopi, teh, dan di meja makannya ada sereal, roti,pop mie yg dibeliin sama yg punya apartment buat kita2.. bae yahhh.. ^^ trs klo pagi2 g masak air buat minum bekal jalan2. didapurnya lengkap loh, nih ada foto2nya dibawah
lemari tmpt nyimpen kopi
tempat cuci piring
kompor gas dan kulkas
mesin cuci, rice cooker, microwave
kita pesen kamarnya via internet. hrgnya cukup murah yaitu sing $125 per malam. jadi bagi 5 org $25/org/mlm. info kamar bisa didapat di www.singaporerequest.wordpress.com disitu ada jadwal kamar yg kosong, lokasi dan foto2 kamarnya serta harganya. kita ambil yg lokasi tanjong pagar dan kamar yg master room 1.
nah berhubung kita nyampe apartmentnya uda malam, maka kita memutuskan untuk jln2 sekitar apartment aja yaitu ke china town. disana byk jual pernak pernik china yg warna2 merah serta suasananya banyak lampion persis di petak 9 nya jakarta pas sincia. kita sekalian makan chinese food disana. oya, org sana kebanyakan menggado lauk dan sayurannya. makanya mereka rada aneh liat kita mesen nasi.
chinese food

pernak pernik
suasana china town
setelah puas makan dan jalan2, kita mampir ke toko cake untuk membeli roti buat cemilan keesokan harinya. berhubung waktu di singapore lebih cepat 1 jam seperti di bali, maka kita pun balik sekitar jm 10an kmudian kita mandi dan istirahat krn keesokan harinya tgl 19 mei 2011 kita sudah mesti jalan subuh2 untuk muter2 seharian. kegiatan tgl 19 mei sudah saya ceritakan di blog yg judulnya universal studios singapore