Rabu, 09 Mei 2012

Bandung - Medan - Berastagi Trip ( 23 - 26 Mar 12 ) day 3

hari ini hari ke 2 di medan, pagi2 setelah kita bangun pagi dan mandi, kita siap untuk sarapan. menu pagi ini yaitu : bakmi dan nasi ayam.
hmmmm... yummy...

bakmi babi
nasi ayam
nasi ayam ( ke pui ) ini lain dgn kota2 lainnya, nasinya mirip nasi hainam tp lauknya berbeda, disajikan dgn potongan ayam panggang, irisan telur rebus, orek tempe dan emping.. rasanya? jgn ditanya deh...

setelah makan, kita uda siap2 kamera, dan duduk manis menunggu dijemput temennya papa. rute hari ini, kita akan ke berastagi menikmati pemandangan yg indah.. yuksss
perjalanan dari medan ke berastagi memakan waktu kira2  4 jam lah.. kita jalan dari jm 9 pagi, nyampe disana sekitar jam 1 siang. langsung deh kita isi perut dulu..

gado gado
tahu goreng
cemilan tahu yg baru digoreng ini benar2 nikmat disantap bersama sambal kecap disaat udara yg dingin.. yah, berastagi memang cuacanya adem karena berada di bawah pegunungan. seperti puncak lah ya klo sebutan orang jakarta, udara yg masih sejuk dan adem.. enaknya sih makan jagung bakar sambil nyeruput teh manis hangat hehehe...

trs makan siang utama kita yaitu ayam bakar... berhubung uda lapar bgt kita langsung makan... dan yg ga terfoto adalah kita pesen sop sapi hahahahaa....

setelah makan, kita melesat menuju vihara di berastagi.. ini vihara dibangun baru, gede bgt dan megah..
kita sempet sembayang di dlm vihara ini... berdoa untuk yg terbaik bagi smua makhluk hidup..
depan pintu masuk vihara
wiwi dan sese

aku dan papaku
altar tri ratna

trs dari vihara, kita mampir lagi ke 1 klenteng yg bagusss bgt  mirip dgn vihara vippassana graha yg di bandung.. tp yg ini lebih indah lagi mirip thailand asli hehehe..

setelah puas foto2, jam 3 sore kita balik menuju kota medan. kira2 nyampe dimedan sore lah ya.. berhubung ngebut jadinya jam 6 kurang kita uda nyampe nih... asekkk.. jm 6 sore kita dijemput sama ellys lagi utk melanjutkan visi kita yaitu wisata kulineran...

pertama, kita makan e mie, es sekoteng dan es campur medan.

e mie

e mie ini mie nya lebih besar daripada mie ayam pada umumnya, di rebus dgn tauge, ditiriskan dan disiram sama kuah kental yg dimasak dari kepala udang sehingga menghasilkan aroma dan rasa yg sedap. trs dipakein udang / ebi... trs atasnya ditaburin bawang goreng dan krupuk/emping wuihh ini makanan kesukaan aku. dijakarta banyak yg jual tp yg enak tentu dari asalnya yg asli.

es campur medan ini lezat sekaleee... isinya tuh cendol, tape, alpukart, cincau hitam, kolang kaling yg di beri es serut trs dikasi santan dan gula merah wuihhh harum dan legit.. beda sama yg jakarta yg di ga diberi santan dan gula merah, cuma susu kental manis aja..

es sekoteng ini malah lebih beda lagi yg di jakarta, klo dijakarta yg namanya sekoteng itu malah hangat.. yg dijual abang2 gerobak yg dipakein roti sama air gula jahe hangat. yg ini malah seger lohh sesuai namanya es sekoteng itu isinya ada barley, irisan buah kiamboy, kolang kaling, agar2 yg dikasi es serut dan gula cair.. mantappppp rasanya asem manis seger..

setelah makan malam ini, kita jalan lagi menuju ke jalan semarang, disana di kota medan malam2 jalan semarang ini rame akan makanan. kita beli nasi campur babi.. hmmm... ini juga ga boleh dilewatkan di medan.

nasi campur

habis beli nasi campur ( take away ) ini, kita masuk ke kedai makanan yg menjual kwetiaw dan mie kangkung balacan.. ini asli rame bgt tempatnya. semakin malam semakin rame. kita sampai waiting list. biar ga penasaran kita order mie campur kwetiaw goreng kangkung balacan, tapi ini goreng basah. jadi ada kuah2nya..

kwetiaw dan mie kangkung balacan
bagi yg suka pedas, makanan ini cocok bgt.. bikin pengen nambah. kwetiaw dan mie di campur di goreng basah bersama kangkung terasi dan tentu pake cabe yg buanyak hehe.. trs isinya juga mantap... ada udang, cumi2, baso ikan sama otak2 udang.. icip kuahnya? hmmm pedes.. asin... nikmattt..

waktu semakin larut aja, kelar makan sekitar jm 9 malam, kita langsung melesat untuk membeli oleh2.. bsk pagi kita uda take off dari medan ke bandung jm 8 pagi.

bolu gulung mini zulaikha
yg ini mah bukan saya yg beli, tp oleh2 dari tmn2 kantor cabang medan. isinya 3 bolu mini dgn 3 rasa : keju, blueberry dan strawberry. pas bgt begitu sampe di kantor lgsg ada oleh2 dari medan juga..

bolu moratti
klo yg ini bolu moratti yg konon pemiliknya masih saudaraan dgn bolu meranti yg terkenal itu. berhubung bolu meranti byk yg kosong, jadinya beli yg ini deg 1 bolu dgn 2 rasa yaitu keju dan mocca. rasanya ya hampir2 sama lah, beda merk doank dan harga pun lebih murah dari yg uda terkenal.

bika ambon pandan keju
yg ini kue bika ambon nya zulaikha.. klo bika ambon yg original kuning uda biasa, mending saran saya beli yg bika ambon pandan yg atasnya ditaburi keju.. hmmm harum dan ga bikin eneg..

bika ambon original

yg ini sih titipan temen, berhubung uda biasa jadinya beli yg ukuran setengah loyang

tau sa pia
tau sa pia ini dibeliin papa di pasar rame. enak bgttt. cocok dimakan bersama teh hangat. soalnya pia ini uda manis bgt. isinya ada kacang ijo dan ada kacang merah.. hmmm...

pancake duren
yg ini ga boleh dilewatkan donk, ya pancake duren.. isinya asli duren medan yg byk.. krimnya cuma sedikit. beda sama yg di jkt, krimnya lebih byk daripada durennya hehehe...
harga juga ga semahal dijkt, paling murah Rp 8000 per piece, paling mahal Rp 10.000 per piece. dan hebatnya lagi pas aku beli dalam kemasan kotak, yg jual uda pinter packingnya. jadi didlm kotak ada kemasan plastik pada pancake durennya. diatas plastik diberi taburan bubuk kopi biar ga bau duren ketika dibawa ke kabin pesawat. hmm yummy...
oya, pancake ini harus di kulkas terus...

setelah beli itu oleh2 kita pulang dan siap2 utk besok pagi ke airport. tapi sebelum ke airport, wiwi sempet beliin kita nasi lembu. sbenernya ini bukan nasi isi daging lembu, tapi yg jualan berada di jalan lembu, medan. papa blg resto ini terkenal bgt.. dan sudah ada pas thn 1955 klo ga salah. gilakk lama bener... makanannya mirip padang tp berbeda. cuma rasanya mantapppppp..
nyampe jakarta baru kita makan ini nih

nasi di jalan lembu, medan
kini tiba waktunya kita take off.. i love my papa n brother.. bye2 medan.. c u again..
pesawat kita ontime juga, nyampe di bandung sekitar pukul 11 siang, dari airport kita naik taxi menuju pool day trans bandung terdekat nyampe sekitar jm 11.30. eh ternyata lagi hoki, kita lgsg dpt jalan dari bandung ke jkt jm 12.00. berhubung laper dan ga sempet makan, kita beli bolu kukus amanda utk cemilan di mobil.