Senin, 24 Desember 2012

Makan Onde 22 Dec

Tiap thn pasti kita makan onde2, tp gw akhir2 ini baru sadar tiap makan onde2 itu bertepatan dgn hari ibu (kemana aje gue..??). tapi thn 2012 makan onde jatuh pd tgl 21 dec, mengapa? karena thn ini merupakan thn kabisat, jadi di bln feb tanggalannya sampe tgl 29, itulah sebabnya thn ini jatuh pd tgl 21 dec.
nah, kalian tahu donk rasa onde2 yg kenyal, terkadang warna warni, rasanya enak bgt dan nikmt apalagi dimakan saat hangat.. ummm.... rasanya aduhai..



tapi ada yg tau ga, sejarahnya makan onde2.. klo ada yg lupa atau ada yg blm tau, gw punya nih cerita. tapi ga tau ya klo ada versi yg berbeda, yuk di simak :

Tradisi Tang Cie ( Onde - onde )
Tang Cie biasa di tanggal 22 Desember, kecuali pada thn kabisat justru jatuh pada tgl 21 Desember.
Tang Cie berarti musim dingin tiba (merupakan hari yg paling dingin). Tang Cie mempunyai makna yg khusus bagi masyarakat Tionghua. seperti cerita "dahulu" dikatakan hikayat Tang Cie : ada seorang pemuda sbg tabib yg berbakat. Pada saat itu ia mencari ramuan obat di hutan, karena suatu kesalahan yg tdk disengaja, racun tanaman menyebabkan kedua matanya buta. Seseorang menemukannya terlantar di hutan, dan mengantarkannya kembali kerumah. Ibunya yg sudah tua sangat mengasihi anaknya. Pada saat anaknya tidur, ia rela mencongkel kedua matanya untuk diberikan kepada anaknnya yg telah buta. Setelah anaknya bangun dari tidurnya dan bisa melihat, ia mengetahui bahwa matanya adalah pemberian ibunya. Ia ingin mengembalikan mata tsb kepada ibunya, tapi ibunya menolak. Ibunya memberikan petunjuk agar anaknya cukup membuat onde dari ketan dan dimasukkan ke kelopak matanya, dgn suatu keajaiban karena mata yg dibuat dari ketan, ibunya dapat melihat kembali.

Makna dari Onde adalah menunjukkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya yg rela memberikan 2 mata yg paling berharga utk anaknya. Ini dicanangkan  sbg Mother's Day yakni jatuh pada tanggal 22 Desember / Hari Ibu.

Mungkin ini asal usul dari hikayat ini, selanjutnya dari hikayat ini bagi kalangan warga Tionghua dibuat menjadi suatu kebiasaan / adat istiadat membuat kue onde2. Pada malam hari sebelum Tang Cie, pada ibu membuat onde2 dari tepung beras ketan dan diberi warna merah, putih dan hijau berbentuk bulat. Esok pagi, pagi2 onde2 tersebut direbus dan di masukkan kedalam air gula dan jahe. Setelah masak pertama2 diberikan kepada Ibu sebanyak 2 Onde.

Selanjutnya dibagikan kepada sanak keluarga dgn jumlah sesuai dgn usianya masing2 dan ditambah 1 (menurut perhitungan Tionghua).

nah begitulah ceritanya, agak kurang masuk akal sih tp ya namanya legenda ya percaya2 aja ya.. hehe
terakhir gw ucapin met makan onde2 sambil menceritakan kisah ini kepada yg lainnya. dan selamat hari
Ibu juga, khususnya buat my mom.. U're the best... smoga mama sehat dan bahagia selalu (papa juga).. amin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar